banner_dwi.jpg (9702 bytes)

Mengobati penyakit Velvet

Penyakit Velvet pada ikan discus disebabkan oleh sejenis eksternal Protozoa dari jenis Dinoflagellata yaitu Oodinium, protozoa ini sangat kecil (20 microns), Penyakit ini menular lewat kontak langsung dengan ikan yang terserang penyakit tersebut atau air yang telah terkontaminasi dengan protozoa tersebut.

Gejala dari penyakit ini biasanya adalah : Discus mengeluarkan lendir di sekitar tubuhnya dan dapat terlihat pada fin-nya, ikan kadang menggesekan tubuhnya pada dasar atau subtrat lainnya seperti dinding tank, cone atau pipa buangan air. Discus yang terkena penyakit ini umumnya langsung menguncup fin-nya, tidak aktif berenang dan bersembunyi disudut tank.

 

Discus yang terjangkit Velvet !!!

 

Berikut ini beberapa cara pengobatan yang umum dilakukan

Cara 1:

  • Kumpulkan ikan yang sakit dalam sebuah tank berukuran 100 lt air masukan Chlorampenicol 1.5 gram (6 kapsul 250 mg), Acriflavine 2 PPM atau 20 ml dan Garam ikan 2 sendok makan ke dalam tank

  • Sponge filter dapat tetap dibiarkan dalam tank dan tambahkan aerasi, gunakan heater dengan suhu 28 derajat Celcius.

  • Biarkan tank tersebut selama 2 atau 3 hari, bila airnya menjadi keruh karena lendir dapat dikuras semua dan ulangi dosis tersebut hingga ikan kembali sehat dan tidak ada lendir atau selaput seperti kapas pada tubuhnya.

 

Cara 2:

  • Siapkan tank berukuran 100 liter air dengan sponge filter dan aerasi yang cukup.

  • Mandikan Discus yang terjangkit Velvet dengan larutan PK yang cukup gelap selama 1 menit (Beberapa breeder yang berpengalaman umumnya memegang Discus dengan tangan dan usapkan secara perlahan dan tidak ditekan, larutan PK tersebut dengan menggunakan kapas halus, ke sekujur tubuh ikan dari arah kepala ke ekornya, berulang kali dan jangan bolak-balik! sebab akan meyebabkan sisik dan tubuh ikan terkelupas)

  • Masukan ikan yang telah dimandikan larutan PK tersebut kedalam tank berisi air bersih, lalu campurkan 2 cc Formalin 37% kedalamnya, biarkan hingga 2 hari. Bila airnya menjadi keruh dan banyak lendir dapat siphon hingga separuhnya, masukan air bersih lagi dan tambahkan 1 cc formalin lagi.

  • Bila ikan sudah benar-benar bersih dari selaput putih seperti kapas pengobatan dapat dihentikan.

Catatan :

Metode ini cukup efektif, tapi harus diperhatikan bahwa PK yang terlalu pekat akan membunuh ikan atau merusak fin, ekor dan bagian tubuh ikan lainnya. Penggunaan formalin yang terlalu pekat akan menyebabkan mata ikan menjadi putih atau buta.

 

Cara 3:

Menggunakan Cooper formalin, metode ini biasa dilakukan oleh Nels dari Bandung, (Nels juga menjual beraneka Discus import (Wild Discus), seperti Heckels, Red Rio Ica dsb.

  • Satukan semua ikan yang terkena velvet ke 1 aquarium. Suhu air dinaikan sampai 32 celcius

  • Hari 1 Ganti 40% - 50% air aquarium yang akan diobati lalu tambahkan cooper formalin sesuai dosis yg dianjurkan

  • Hari 2 Dibiarkan dulu, Hari 3 Ganti 30% air lalu tambahkan cooper formalin dosisnya
    dihitung untuk 30% air tsb

  • Hari 4 Dibiarkan, Hari 5 Ganti 30% air lalu tambahkan cooper formalin dosisnya untuk 30% air yang di ganti

  • Hari 6 Dibiarkan, Hari 7 Ganti 50% air lalu difilter dengan karbon aktif selama 2 hari Jika ikan masih belum sembuh treatment di atas diulangi kembali.

Cara 4:

  • Satukan semua Discus yang sakit kedalam sebuah tank dengan air sebanyak 100 liter, beri aerasi dan sponge filter agar air tidak cepat keruh. Lalu masukan Copper formalin sesuai dosis. Tambahkan 2 sendok garam ikan kedalam air tank.

  • Masukan 1 tablet antibiotik Ciprofloxacin 500 mg kedalam tank, atur heater pada suhu 30 derajat Celcius.

  • Biarkan hingga 3 hari, lalu ganti semua airnya dan berikan treatment dengan dosis yang sama hingga ikan sembuh

 

 

Disclaimer:

Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kemungkinan yang terjadi, atas efek negatif dari artikel tersebut diatas, tulisan tersebut semata-mata hanya untuk menambah pengetahuan, bahan diskusi dan pertimbangan yang disarikan dari pengalaman berbagai sumber. Resiko dan keputusan ada pada anda sendiri untuk mencoba atau tidak artikel diatas

Back

 

This page is hosted by Get your own Free Home Page

Hosting by WebRing.